ASUS AI Laptop Cerdas Incaran Kalangan Muda

ASUS AI

Setelah sejak September tahun lalu anak saya Raka nyaman menggunakan ASUS Vivobook S14, saya pun makin cinta sama jajaran laptop ASUS. 

Itu sebabnya saya semangat banget untuk bisa menghadiri Blogger Roadshow dari TOP Brand Laptop 2023 ini. Bertempat di Hotel El Royale Bandung pada 25 Juli 2024 lalu, tim ASUS memperkenalkan beberapa laptop ASUS AI yang kini tersedia di pasaran. Ya, kini ASUS menawarkan kepada penggunanya untuk bisa memanfaatkan Artificial Intelligence secara lebih maksimal.

Mengenal Teknologi Artificial Intelligence pada Laptop

Blogger Roadshow ASUS AI 2024

Mungkin kita sebelumnya hanya mengenal kecerdasan buatan sebatas software atau aplikasi yang bisa membantu mempercepat kerja. Ada aplikasi seperti chat gpt yang bisa ditanya macam-macam, ada aplikasi gambar yang bisa diperintahkan untuk menyempurnakan pekerjaan kita, atau sejenisnya. 

ASUS itu kalau soal inovasi memang paling jago deh. Dari memperkenalkan Zenbook UX sebagai laptop paling tipis di 2011. Lalu ada Zenbook Pro dengan screen pad-nya pada 2018. 

Selanjutnya kita terpesona dengan Zenbook Duo, dimana ada laptop dengan screen pad plus layar oled dan stylus pada 2019. Dan pada 2022 lalu kita bisa melihat laptop Zenbook yang layarnya bisa dilipat. 

Nah kini ASUS berinovasi untuk menyediakan laptop yang dibekali dengan software dan hardware berbasis AI. Yang membedakannya adalah keberadaan chip khusus yang disebut NPU atau Neural Processing Unit. NPU ini akan menjamin pemrosesan AI menjadi lebih efisien.

Jajaran Laptop ASUS AI

Kerennya, laptop ASUS dengan teknologi AI ini tersedia dengan berbagai tipe sesuai kebutuhan pengguna. Biar tidak bingung, walau nama serinya masih sama dengan yang sebelumnya, jajaran laptop AI ini memiliki logo khusus ASUS AI yang membedakan.

#1 ASUS AI Vivobook

ASUS Vivobook AI

Untuk kalangan anak sekolah atau mahasiswa cocoknya memang laptop ultra slim yang tebalnya hanya 1,39cm dengan berat 1,3kg ini. ASUS AI Vivobook ini baru saja launching bulan lalu dengan bodynya sekarang yang full metal. Tidak lagi plastik seperti generasi Vivobook sebelumnya.

Tersedia ASUS Vivobook S 14 OLED (S5406) dengan prosesor hingga Intel® Core™ Ultra 7 Processor 155H ataupun Vivobook S 14 OLED (M5406) dengan prosesor AMD Ryzen™ 7 8840HS dengan TDP yang lebih tinggi yakni hingga 50W.

Laptop ini dipasarkan dengan harga mulai dari Rp15.799.000.

 #2 ASUS AI Zenbook 14 OLED (UX3405 dan UM3406)

ASUS AI Zenbook 14 OLED

Kalau yang ini incaran saya sih. Desain cantik seperti Zenbook yang tipisnya hanya 1,48cm dengan berat 1,2kg ini, sangat cocok buat para Mamah yang aktif menggunakan teknologi untuk bekerja. 

Untuk seri Zenbook tersedia  ASUS Zenbook 14 OLED UX3405 (versi Intel) dan Zenbook 14 OLED UM3406 (versi AMD). Kedua laptop ini, diperkuat oleh prosesor hingga Intel® Core™ Ultra 7 Processor 155H ataupun AMD Ryzen™ 7 8840HS. Keduanya sudah menggunakan layar OLED dengan resolusi hingga 3K, RAM hingga 32GB dan storage M.2 NVMe™ PCIe® 4.0 SSD. Harganya mulai dari Rp16.799.000.

#3 ASUS AI Zenbook Duo (UX8406)

ASUS AI Zenbook Duo

Sementara Zenbook yang tampilannya sangat keren ini, sepertinya pas banget buat mereka yang butuh bekerja dengan layar lebih dari satu. Jadi kamu nggak perlu pusing kalau ingin menulis sekaligus membuka referensi dari berbagai sumber. Atau ingin video conference sambil baca contekan dan chat dengan rekan di belakang layar. 

Zenbook Duo ini memiliki 2 layar dan 1 keyboard yang bisa dipretelin atau dilepas pasang sesuai kebutuhan. Wajar kalau laptop ini dinobatkan sebagai Honoree di ajang CES 2024 Innovation Awards. Asli keren banget sih ini!

Menggunakan prosesor hingga Intel® Core™ Ultra 9 yang di dalamnya sudah dibekali Intel® AI Boost NPU dan chip grafis Intel® Arc™. Harganya mulai dari Rp34.999.000.

Beneran ya, ada harga ada rupa sih ini.

Keunikan Laptop ASUS AI

Melihat harganya yang di atas 10 jutaan, mungkin kamu bertanya-tanya. Apakah worth it beli laptop berbasis AI ini? Daniel Naftali, Consumer Product Marketing ASUS Indonesia memberikan penjelasan yang cukup mudah dipahami mengenai kerennya jajaran laptop ini.

Berikut beberapa keunikan laptop ASUS AI yang menarik perhatian saya:

#1 Chip NPU untuk mendukung kinerja processor

Chip NPU ASUS AI

Seperti sudah saya sampaikan sedikit di atas, yang membedakan laptop AI dan generasi yang sebelumnya adalah keberadaan chip NPU atau Neural Processing Unit. Jadi ini tuh kalau kata Mas Daniel seperti ‘asisten’ yang siap membantu processor sehingga bisa lebih optimal kerjanya. 

Kalau sebelumnya kita mengenal processor Intel i5, i7, i9, untuk seri AI ini Intel memberi nama baru processor Intel Core Ultra 7 hingga 9. Dengan adanya chip NPU yang bisa diajak berbagi tugas mikir processor ini, perbedaan kecepatan kinerjanya bisa sampai 1.75 kali loh. Lumayan signifikan lah ini.

#2 Kamera Cerdas

Kalau sebelumnya kita mungkin dibuat ribet dengan ring light dan pencahayaan tambahan agar bisa tampil kece di zoom meeting, di seri laptop ASUS AI masalah tersebut menemukan solusinya.

Dilengkapi dengan ASUS AiSense Camera dengan Windows Studio Effect akan membantu mengoptimalkan tampilan kita saat on cam. Tersedia fitur background blur, gaze correction, 3D noise reduction, dan motion tracking. 

Bahkan buat yang nggak mau tampil di depan kamera karena lagi dasteran atau nggak pake kerudung juga sudah dilengkapi dengan penutup kameranya (webcam shield) loh. Jadi nggak perlu nutup pake stiker lagi. 

Oh ia, tambahan buat kamu yang mungkin harus video conference dari tempat yang ramai. Kamu bisa mengaktifkan fitur AI Noise Cancellation sehingga suara-suara ribut tidak akan mengganggu.

#3 Layar OLED yang tajam dan halus

Warna yang ditampilkan lebih tajam, sekaligus nyaman di mata. Laptop ASUS AI sudah memiliki low blue light hardware certified yang bisa menurunkan paparan sinar biru hingga 70%, sehingga lebih sehat untuk mata. Terutama mata anak-anak nih ya. 

Mata pun jadi tidak mudah lelah saat bekerja lama di depan laptop. Asli enak banget lihat tampilan layar ketiga laptop ini. 

Apalagi ditambah dengan screen to body ratio layarnya di angka 87%. Jadi layar hanya dikelilingi oleh frame (bezel) tipis. Walau ukuran layar 14”, tapi tampilannya terasa lebih kecil dari umumnya laptop 14” lain.

#4 Windows 11 yang mendukung AI

Windows 11 dengan copilot

Windows 11 di laptop seri AI ini menawarkan sesuatu yang berbeda. Kalau sebelumnya kita harus buka browser untuk bertanya pada chat gpt kalau memerlukan bantuan, di ASUS AI yang sudah terinstall Windows 11 hal tersebut tidak perlu lagi.

Karena di Windows 11 ini sudah dilengkapi dengan aplikasi copilot yang siap menjawab apapun yang kamu perlukan. 

Untuk seri Zenbook dan Vivobook, bahkan keyboardnya telah dilengkapi dengan tombol langsung mengakses fitur copilot. Kamu bisa meminta bantuan untuk dibuatkan outline tulisanmu, mencari data, atau mungkin sekedar teman curhat.

Selain copilot, terdapat juga aplikasi Paint yang bisa membantu mengedit dan membuat gambar seperti profesional, snipping tools yang bisa menangkap dan membagikan tangkapan layar dengan lebih cerdas, aplikasi Photo yang lebih memudahkan pencarian, dan aplikasi Clipchamp untuk editing.

Windows 11 jadi beneran bisa membantu membuat kerja kita lebih mudah. Asal jangan sampai kita kurang cerdas dalam memanfaatkan fitur-fitur ini ya. 

#5 Kelebihan lain

Sebenarnya banyak lagi sih kelebihan ASUS AI. 

Kelebihan standar lain adalah colokan port yang lengkap. Nggak ada cerita punya laptop ASUS AI, kamu masih bingung cari kabel converter atau dongle.

Begitu juga dengan keyboardnya yang nyaman dan menyala dengan warna-warna RGB disesuaikan dengan kondisi pencahayaan di ruangan tempat kita berada.

Kalau soal baterai, dijamin aman karena sudah menggunakan teknologi pendingin yang optimal dan mampu bertahan hingga 16 jam.

Laptop ASUS AI, Trend Baru Laptop Generasi Cerdas

Harus saya akui, lini laptop ASUS AI ini memang menggoda dan memenuhi kebutuhan kita yang pengennya selalu terdepan dan bekerja cepat. 

Bukan hanya teknologinya yang makin canggih, tapi juga desainnya yang makin cantik saja dari waktu ke waktu. Inovasi laptop ASUS AI 2024 ini memang makin nyaman, makin membantu produktivitas, dan makin bagus kinerjanya. 

Gimana teman-teman, tertarik buat punya satu laptop seri ini di rumah? 

Blogger Bandung goes to ASUS AI Roadshow



Shanty Dewi Arifin
Shanty Dewi Arifin Mama yang sedang semangat belajar menulis demi bisa bayar zakat sendiri.

Posting Komentar untuk " ASUS AI Laptop Cerdas Incaran Kalangan Muda"